KOREKSI ULANGAN HARIAN SECARA MANUAL? MALAS ACH….

Saya seorang guru Ekonomi & Akuntansi SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Untuk mengukur daya serap peserta didik terhadap materi pembelajaran, saya paling malas untuk koreksi manual, apa lagi Akuntansi. Hal ini membuat meja kerja saya terlihat selalu rapi dan bersih karena tidak banyak buku kerja siswa.

Mungkin saya termasuk salah seorang guru yang paling malas koreksi ulangan harian murid secara manual, namun saya paling sering memberikan tugas dan ulangan harian yang bisa dikerjakan di rumah.

Melalui blog yang saya bangun ini, saya berusaha semampu tenaga dan fikiran membantu kesulitan belajar perserta didik dengan menyediakan rangkungkuman dan berbagi media pembelajaran interaktif yang menantang mereka untuk mau membaca buku dan mencari bahan belajar tidak hanya dari buku paket, namun juga dari internet.

Tahun 2015 menjadi awal perubahan sistem evaluasi belajar, dimana Ujian Nasional (UN) sebagian sekolah dilaksanakan dengan cara computer Base Test (CBT). Dengan model evaluasi CBT, dari segi waktu pengerjaan maupun hasil, jauh lebih cepat dibandingkan dengan Paper Base Test (PBT).

Namun demikian dari sisi infrastruktur, tidak semua sekolah siap untuk mengikuti UN dengan model CBT karena memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk instalasi jaringan Local Area Network (LAN). Kemudian dukungan jumlah computer untuk setiap peserta ujian juga tidak semua siap.

Sebagian sekolah di Surabaya yang jumlah computer di laboratorium tidak mencukupi, diatasi dengan menggunakan sejumlah laptop yang dibawa oleh siswa calon peserta ujian. Dengan dukungan laptop siswa inilah akhirnya sekolah-sekolah penyelenggara CBT dapat memenuhi target minimal 1/3 dari jumlah peserta ujian, karena ujian boleh dilaksanakan maksimal tiga (3) sift.

Untuk membiasakan siswa mengerjakan UN secara CBT, maka pihak sekolah dan guru harus membiasakan diri juga melatih anak didik belajar secara online. Sejumlah program gratisan untuk mendisain soal-soal secara online sudah banyak beredar di internet, tinggal menunggu kemauan guru uantuk memanfaatkannya.

Kemajuan teknologi informasi seharusnya dibarengi dengan kemauan dan kemampuan dunia pendidikan untuk memaksimalkan pemanfaatan perkembangan tersebut demi kemajuan dunia pendidikan. Hampir semua siswa setingkat SMP atau SMA sudah terbiasa menggunakan smart phone, kenapa para guru belum banyak yang memanfaatkan alat komunikasi tersebut untuk media pembelajaran.

Salah satu pengembang media belajar Online dari Philipina menawarkan aplikasi gratisan untuk belajar online ini yang bisa dimanfaatkan para guru beserta para muridnya. Untuk lebih jelasnya, coba kunjungi: https://www.quipperschool.com/id/index.html.

Saya telah memanfaatkan Quipper bersama para murid, dan memanfaatkan smart phone untuk komunikasi dengan mereka dengan cara membuat line group.

Selamat mencoba dan jangan jadikan umur sebagai alasan males untuk belajar.

BOCORAN SOAL UN EKONOMI 2014

Setiap moment Ujian Nasional digelar, selalu saja diwarnai dengan kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh oknum, mulai dari siswa, guru dan orang2 yang berkeinginan menggagalkan Unas.

Beberapa bulan menjelang pelaksanaan UN, tawaran kunci jawaban sudah mulai beredar melalui SMS, terlebih lagi minggu-minggu terakhir jelang UN, semakin giat saja para penjual kunci jawaban UN beraksi. para pelajar pemalas dan tidak percaya diri dengan kemampuan sendiri akan menjadi sasaran empuk para penjual kunci jawaban.

Jauh hari sebelum pelaksanaan UN, sebenarnya para guru dan sekolah telah menyiapkan dan melatih anak didiknya dengan berbagai tipe soal, memberikan pelajaran dan pendalaman materi. Para siswa juga tidak sedikit yang menambah belajar dengan ikut program Bimbingan Belajar sepulang sekolah. Hasilnya….? hasilnya? kebanyakan dari mereka masih suka cari yang instan, ga usah belajar nilai bagus dan ga perlu berpikir lama-lama.

Bentuk kecurangan yang selama ini terjadi belum pernah terungkap, meski pengakuan beberapa siswa bahwa mereka memang beli kunci jawaban via SMS. Apabila kebiasaan ini dibiarkan terus, jangan kaget mental mereka ketika sudah terjun di masyarakat lebih parah lagi. lihat saja kecurangan pada pencoblosan pada momen pemilihan calon legislatif beberapa waktu lau. Itu menunjukkan betapa mahal hara sebuah kejujuran di negeri ini.

SMA Muhammadiyah 2 Surabaya telah membentengi anak didik dengan berbagai pendekatan agar tidak ada murid yang terlibat kegiatan yang tidak terpuji tersebut. Percuma bertahun-tahun belajar jujur jika pada akhirnya harus berbuat curang.

Untuk anak2ku yang sedang bersiap2 ujian Ekonomi, silahkan Download soal-soal berikut ini:

Download Ekonomi Kode 4014042014

Download Ekonomi kode 5004142014

 

https://drive.google.com/file/d/0B8Zh9mHFo9o_clZSbjhlQmZLX3M/edit?usp=sharing

GURU DAN LAPTOPNYA

Laptop bukan lagi menjadi barang mewah. Guru sangat memerlukan benda mungil tersebut untuk membantu meringankan beban kerja sehari-hari sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Di era komunikasi yang super cepat saat ini, siapa yang tidak mengikuti perkembangan dunia informasi dan teknologi, maka dia akan ketinggalan informasi yang luar biasa banyak dan berguna.

Bagi setiap guru, keberadaan laptop diharapkan mampu meringankan beban kerja sehari-hari karena benda mungil dan tipis tersebut dapat digunakan untuk membuat media belajar yang menarik, meringkas materi, mengolah data nilai, menyiapkan soal-soal latihan dan sebagainya.

Namun pada kenyataanya, masih sedikit guru yang mau dan mampu mengoperasikan komputer untuk tujuan-tujuan yang diharapkan berbagai pihak. Laptop hanya digunakan untuk bermain game, putar musik, lihat video dan lebih parah lagi digunakan untuk sarana Facebook yang tidak ada hubungannya dengan upaya peningkatan profesionalisme guru.

Salah satu program aplikasi computer yang sangat membantu kerja guru adalah Microsoft Office, yang sudah memiliki program aplikasi, spreadsheet (Excel), pengolah kata (Word) dan media presentasi (Poper Point).

Khusus untuk Power Point, apabila ingin memanfaatkan secara maksimal, ternyata sangat membantu ketika para guru mempresentasikan materi pembelajaran, bahkan melakukan pengujian berupa quiz-quiz interaktif yang sangat menarik. Semua bergantung pada kemauan yang kemudian didukung dengan kemampuan.

Untuk menjembatani kesulitan para guru dalam menyiapkan berbagai media pembelajaran yang menarik, interaktif dan menyenangkan, saya mencoba menyiapkan template Power Point siap pakai. Lihat di sini.

Template tersebut sudah saya lengkapi dengan tutorial, silahkan diunduh, disebarkan kebanyak orang mungkin akan lebih bermanfaat. Saya juga sedang menyiapkan tutorial dalam bentuk video supaya lebih menarik untuk dipelajari. Semoga karya sederhana ini bermanfaat.

Ujian Kenaikan Kelas

Selamat mengikuti Ujian Kenaikan Kelas (UKK) bagi seluruh murid SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Khusus untuk pelajaran Ekonomi kelas X, silahkan pelajari kisi-kisi yang bisa anda Download di sini

Rangkungan sebagian bahan UKK bisa Download di sini

Untuk anak-anak SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, khususnya kelas XI-IPS, Bahan Ujian Ekonomi & Akuntansi bisa di Download di sini.

Selamat belajar, semoga sukses

Download contoh soal

Bagi yang ada masalah dengan proses Download, silahkan konfirmasi via Facebook nanti bisa saya kirim langsung ke E-mail kalian. Selamat belajar semoga sukses.

CLASS GATHERING

REFRESH MY BRAIN

Ujian Nasional (UN) telah berlalu, tiba saatnya untuk melepas segenap kepenatan otak. Khusus untuk anak-anak 12 IPS-1 Smamda Surabaya, sesuai keinginan kalian, maka saya tawarkan refreshing yang tidak terlalu jauh dengan biaya yang sangat terjangkau sehingga seluruh anggota kelas ikutan, ayo kita ke Villa Pondok Dadung saja (kawasan Tretes). Gambaran lokasi bisa kalian perhatikan di slide berikut ini:

Halaman Depan

Halaman Depan

Villa terdiri dari dua lantai dengan total empat kamar tidur dua kamar mandi. Terdapat fasilitas karaoke di lantai dua. Halaman depan tersedia tempat bermain bilyar, kolam renang dan lapangan futsal. Sisi lain Villa terdapat beberapa gasebo yang bisa digunakan untuk bersantai sambil ngemil atau makan. Bagian teras Villa juga bisa digunakan untuk bersantai karena tersedia sejumlah meja dan kursi.

Taman menuju gasebo2

Taman menuju gasebo2

Tampak samping

Tampak samping

Lokasi Villa tidak jauh dari Hotel Tretes View, dengan panorama pemandangan yang indah. Ketika sore hari, tidak jarang ada penjual bakso atau sate yang dmenawarkan dagangannya ke kawasan Villa.

Untuk keperpuan makan, pihak pengelola Villa menawarkan jasa masak dengan menu yang bisa kita pesan dengan perhitungan per kepala yang tidak terlalu mahal dan dijamin kenyang.

Kamar Tidur

Kamar Tidur

Untuk keperluan rencana tersebut termasuk penentuan kepastian hari dan berapa biayanya, dimohon seluruh anggota kelas 12 IPS-1 hadir di sekolah besok sebelum Sholat Dhuhur untuk koordinasi terakhir. Bagi yang berhalangan hadir, mohn memberitahu dan dianggap sepakat dengan hasil pertemuan besok.

Lantai

Ruang Lantai 2

 

 

 

 

 

 

 

Bocoran Soal UN 2013

Gaung Ujian Nasional (UN) semakin dekat. Semua sibuk dengan peran masing-masing. Para guru mata pelajaran yang di ujikan semakin lelah membuat soal-soal untuk melatih murid2nya, murid2 juga sudah mulai jenuh dengan tryout yang sudah dilaksanakan (tapi tidak semua sekolah rutin menyelenggarakan).

Tidak kalah sibuknya, para oknum mafia kunci jawaban sibuk mencari korban. Karena mereka sudah gagal jual kunci jawaban, tentunya sudah menyiapkan strategi lain misalnya jual bocoran soal UN 2013.

Mungkinkah bocoran soal UN 2013 bisa didapat? Berbicara masalah kemungkinan, sepertinya di negeri kita tercinta ini tidak ada kata tidak mungkin untuk berbuat kejahatan, Semua bisa dilakukan dan itu sudah terjadi bertahun tahun. Namun demikian, andai saja anda mendapat bocoran soal UN 2013 sebanyak dua puluh (20) kode dan enam (6) mapel atau sama dengan 120 paket soal, mampukah anda membahas semuanya?

Mengingat pelaksanaan UN 2013 hanya tinggal menghitung hari, maka jangan lagi berfikir untuk mencari bocoran soal UN atau mencari orang jualan kunci jawaban tidak ada untungnya malah menyita waktu. Lebih baik gunakan untuk mereview materi-materi berat yang belum terkuasai. Bertanya kepada teman atau guru tentang penyelesaian soal-soal berat dan menambah referensi soal-soal prediksi UN 2013 dari berbagai sumber.

Khusus untuk mata pelajaran Ekonomi & Akuntansi, silahkan gunakan soal-soal prediksi UN 2013 di bawah ini yang sudah disusun berdasarkan SKL UN 2013. Pembahaan bisa anda tanyakan kepada guru-guru pendamping belajar di LBB, Privat, teman yang kalian anggap mampu atau berusaha sendiri dengan membuka kembali buku pelajaran.

Saya sediakan minimal lima (5) paket soal prediksi Ekonomi UN 2013 yang akan saya upload secara bertahap karena beberapa paket masih dalam proses editing dan pengujian validasinya. Saya usahakan paling lambat Kamis, 10 April 2013 sudah bisa diunduh semua dan dipelajari. Semoga bermanfaat sebagai bahan tambahan belajar menjelang UN 2013. Semoga sukses semua.

Soal-soal ekonomi yang sangat prediktif silahkan unuduh di bawah ini:

Downloan Soal Paket 1 Click di sini

Download Soal Paket 2 Click di sini

Download Soal Paket 3 Click di sini

Download Soal Paket 4 Click di sini

Download Soal Paket 5 Click di sini

Download Kunci Jawaban

Maaf paket 5 sd 7 belum bisa diUpload karena kesibukan yang luar biasa sehingga proses editing soal belum selesai. Semoga bisa terupload sebelum tanggal 16 April 2013.

SOAL UN DENGAN BARCODE? KENAPA TAKUT

LJK-contohUjian Nasional (UN) SMA dan SMP sudah di ambang pintu, semua pihak sudah banyak berupaya, mulai dari pemantapan latihan mengerjakan soal-soal berskala UN sampai kegiatan-kegiatan yang brsifat motivasi spiritual.

Dalam waktu bersamaan para mafia bocoran kunci jawaban UN juga tidak kalah gesit, mereka mulai pasang strategi mencari calon korban. Tidak tanggung tanggung, tarip yang mereka tawarkan berkisar Rp150.000,00 sampai dengan hampir satu jutaan tiap orang, sungguh jumlah yang menggiurkan.

Para korban mafia bocoran kunci jawaban UN umumnya anak-anak yang kurang percaya diri dan kurang informasi tentang perubahan pelaksanaan UN tahun 2013. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya sosialisasi dari berbagai pihak.

UN 2013 benar-benar diharapkan mampu menunjukkan siswa yang layak diakui prestasinya karena dengan sistem Barcode pada naskah soal dan Lembar Jawab Ujian Nasional (LJUN) akan sangat menyulitkan para peserta ujian mencocokkan kode soal dengan kunci jawaban yang mereka peroleh dari oknum yang telah tergabung dalam mafia penyedia bocoran kunci jawaban soal UN.

Setiap naskah sudah diseting mempunyai Barcode sama dengan LJUN dan sebelum peserta UN menjawab soal-soal, maka terlebih dahulu harus memeriksa jumlah halaman naskah soal, jumlah butir soal dilanjutkan dengan memisahkan LJUN dari naskah soal dengan cara menyobek LJUN tersebut. Pada tahap ini pengawas ruang harus membantu agar peserta UN tidak salah menyobek yang akan berakibat kerusakan karena tidak ada cadangan LJUN. Apabila LJUN rusak, maka harus diganti satu paket dengan naskah soal ujiannya.

Pada UN 2013 ini, peserta tidak lagi menuliskan jenis mata pelajaran yang diujikan maupun kode soal yang diterima, karena semua informasi data tersebut sudah terekam dalam Barcode. Mereka hanya perlu menuliskan nama, nomor, tanggal lahir peserta dan jawaban soal yang mereka kerjakan.  (lihat contoh LJUN dan perhatikan Barcode pada kanan atas).

Sejumlah guru dan murid masih banyak yang salah memahami tentang Barcode yang bakal dipakai pada UN 2013. Mereka mengira bahwa Barcode yang dipakai berbentuk garis-garis kecil kemudian dibawahnya tertulis sejumlah huruf dan angka seperti yang sering dijumpai pada produk-produk yang dijual pada swalayan. Barcode semacam itu masih mudah dikenal dan dibaca tanpa bantuan alat kecuali untuk kecepatan biasanya menggunakan infrared dan software tertentu.

Barcode yang dipakai pada naskah soal UN/LJUN berbentuk bujur sangkar dengan sejumlah kotak kecil-kecil di dalamnya dan tidak terdapat satu karakter/huruf sama sekali di dalamnya. Tanpa bantuan software aplikasi sangatlah sulit mengenali kode yang tertulis di dalamnya. Adakah cara mudah untuk membacanya?

Contoh Barcode

Untuk membaca Barcode (seperti gambar di samping) kita dapat membacanya dengan mudah berkat bantuan aplikasi yang terdapat pada Blackberry atau HP yang sudah terinstal program aplikasi untuk scaning Barcode.

Cobalah cari contoh Barcode seperti gambar di samping, kemudian lakukan pemindaian (scan), maka akan terbaca informasi apa yang tersembunyi di dalamnya.

Untuk soal UN dan LJUN, lakukan scaning Barcode yang terdapat pada naskah soal atau LJUN 2013 dan anda akan mengetahui kode yang dimaksud, namun mungkinkah peserta melakukan di ruang ujian ketika naskah sedang dibagikan dan seluruh peserta harus mengumpulkan semua peralatan komunikasi (HP)? Haruskah membawa Blacberry cadangan untuk keperluan tersebut? Sungguh nekad dan beresiko tinggi.

Bagaimana para korban mafia bocoran kunci jawaban UN menghadapi kenyataan ini? Apa yang harus dilakukan di sisa hari menjelang UN agar bisa lulus tanpa bergantung pada bocoran kunci jawaban UN? Ikuti beberapa saran berikut ini.

Untuk sukses UN 2013, buka kembali bank soal UN minimal tiga tahun terakhir, berlatih dan terus berlatihlah menjawab soal-soal tersebut. Bertanya kepada teman dan jika perlu belajar kelompok. Tidak ada kata terlambat untuk sukses. Percaya diri akan kemampuan masing-masing merupakan senjata sukses kalian semua.

Tutup mata dan telinga dari tawaran macam-macam dari oknum, karena para mafia bocoran kunci jawaban UN sudah mulai merancang strategi baru dengan menawarkan bocoran soal UN karena mereka sudah gagal jual kunci jawaban akibat penggunaan Barcode tadi.

Bagi yang telah terlanjur kehilangan sejumlah rupiah untuk mendapat bocoran kunci jawaban UN, relakan uang kamu hilang, jadikan pembelajaran dan bertaubatlah agar Allah mengganti uang kamu dengan prestasi UN yang membanggakan kedua orang tua kamu, guru-guru kamu dan sekolah kamu. SEMANGAAAAAAT.

Selamat belajar anak2ku, Do’a para guru dan orang tua kamu tidak akan pernah berhenti agar kalian semua sukses.

by: Guswin_Smamda Surabaya

PENGUMUMAN UJIAN SEKOLAH

woro – woro

Kunjungan di SMK Aminuddin Baki - Kualalumpur MalaysiaUjian Sekolah (Usek) untuk jenjang SMA/MA baik negeri maupun swasta akan diselenggarakan serentak di kota Surabaya mulai tanggal 18 Maret 2013. Cermati jadwal pelaksanaannya, siapkan segala sesuatunya dan jangan terlambat sampai di sekolah.

Khusus mata pelajaran (mapel) yang diujikan pada Ujian Nasional (UN), Usek mempunyai andil yang tidak boleh dianggap remeh dalam penentuan nilai Akhir (NA) kelulusan, karena mempunyai bobot 40% dari NA, sedangkan yang 60% diperoleh dar iUN.

Penyelenggaraan Usek hendaknya disikapi juga sebagai ajang uji coba kesiapan UN (selai try out) karena para penyusun naskah soal usek sudah dipilih oleh pihak sekolah dari guru-guru yang kompeten di bidang penyusunan naskah soal. Soal-soal yang berkaitan dengan mapel UN tentunya juga disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang sudah disyahkan oleh kemendikbud sebagai bahan acuan.

Agar perolehan nilai Usek memuaskan, maka para siswa hendaknya rajin bertanya kepada guru mapel masing-masing untuk mencari tahu materi atau kisi-kisi soal Usek, baik untuk mapel UN maupun mapel yang tidak ada di UN tetapi diujikan pada Usek.

Untuk mapel Ekonomi & Akuntansi, kalian bisa unduh di sini, baik kisi-kisi maupun soal-soal untuk latihan. Soal Usek terdiri dari sejumlah soal pilihan ganda dan soal uraian yang harus dikerjakan semua (tidak ada nilai minus).

Download Kisi-kisi Usek Ekonomi

Download Soal-soal Latihan Paket 1

Download Soal-soal Latihan Paket 2

PEMBERITAHUAN

Untuk sementara waktu, beberapa Link belum bisa anda gunakan. Mohon ma’af blog sedang dalam pembenahan content, utamanya yang berhubungan dengan Bank Soal baik untuk soal Unas maupun bank soal berdasarkan SK/KD.

Hal ini perlu saya lakukan demi kenyamanan para pengunjung setia blog GUSWIN MEDIA CENTER. Hal-hal baru yg akan saya siapkan adalah Administrasi mengajar bagi rekan-rekan guru, kumpulan soal berbagai mapel jenjang SD, SMP dan SMA, dan software2 aplikasi penting lainya.

Sekali lagi mohon bersabar dan mohon maaf apabila penghapusan sementara content membuat para pengunjung tidak nyaman. Semoga saya masih diberi kesempatan untuk berbagi ilmu dan informasi bagi semua orang.

Perkembangan Teknologi dan Implikasinya

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Perkembangan teknologi akhir-akhir ini sudah membawa perubahan yang luar biasa pada perilaku dan gaya hidup masyarakat di seluruh dunia, utamnya yang berkenaan dengan dunia komunikasi.

Setiap perubahan tentunya ada yang berdampak positif dan negatif, semua bergantung pada bagaimana pengguna menyikapi perubahan tersebut. Ambil contoh perkembangan media komunikasi berupa telehpone genggam dan internet.

Pada tahun ’70 an sampai dengan awal ’90an, handphone (HP) masih menjadi barang mahal dan hanya orang-orang tertentu saja yang mampu membelinya. Bahkan pada tahun ’80an, sebagian besar dosen di Indonesia masih menggunakan Pager, sebagai media komunikasi. Pelajar dan mahasiswa tidak ada yang menggunakannya.

Pada pertengahan tahun ’90an, HP sudah mulai bisa dibeli oleh sebagian besar masyarakat dan pada akhirnya HP sudah bukan menjadi barang mahal. Mahasiswa sampai pelajar sudah mulai menyukai benda mungil tersebut untuk ditenteng ke tempat mereka menimba ilmu, baik untuk keperluan komunikasi maupun untuk sekadar pamer ke teman-teman mereka.

Memasuki era milenium, jenis HP sudah semakin banyak, merek pilihan sudah begitu banyak dan akhir-akhir ini sudah tidak bisa dibendung kemajuan teknologi tersebut. Blackberry, iPhone dan sebagaimnya merupakan produk-produk yang banyak diminati anak muda.

Apabila ragam kemajuan media informasi dan komunikasi tersebut dimanfaatkan tepat sasaran, tentunya akan sangat membantu. Namun yang terjadi di sekitar kita utamnya di lingkungan dunia pendidikan, sungguh sangat memprihatinkan. mereka menjadi korban kemajuan teknologi informasi dan komunikasi karena salah dalam pemanfaatan.

Setiap hari anak-anak usia sekolah seakan tidak bisa meninggalkan kebiasaan menenteng HP yang dia punya. Mulai dari memainkan game, menulis dan membaca SMS, menggunakan fasilitas facebook, twitter dan tidak jarang hanya sekadar utak atik forlder yang tidak ada tujuan. Mereka sudah jarang membuka dan membaca buku, prestasi belajar mereka pun pada akhirnya menurun.

Bagaimana dengan internet? hampir tidak jauh berbeda. Salah pemanfaatan, akan berdampak salah pula. Internet juga mampu mengubah perilaku dan gaya hidup sebagian besar masyarakat di dunia. Ibarat sebuah pisau, jika dipegang penjahat akan berdampak kurang baik, namun jika dipegang oleh juru masak, maka akan sangat bermanfaat. Demikianlah internet.

Mahasiswa dan pelajar sudah banyak yang mengandalkan teknologi internet untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas mereka dari kampus atau sekolah. Guru, dosen, perusahaan, instansi pemerintah maupun swasta dan masih banyak lagi yang telah banyak mengambil manfaat internet untuk mempercepat kerja sehari-hari.

Internet tidak saja mambantu menyelesaikan pekerjaan, namun juga menyediakan sarana pendidikan dan hiburan yang akhir-akhir ini semakin murah. Siswa SD pun sudah mulai mengenal dunia maya ini.

Kelompok yang salah menggunakan adalah mereka yang kecanduan bermain game online, suka buka situs-situs penyedia gambar dan video porno dan menggunakan media jejaring sosial secara berlebihan, misalnya fecebook, twitter friendster dan sebagainya.

Bukan internet yang salah apabila ada kasus anak bolos sekolah karena bermain game online. Bukan internet pula yang salah apabila ada gadis di bawah umur diculik dan diperkosa gara-gara kenalan dengan pemuda melalui fasilitas jejaring sosial facebook. kitalah yang salah menggunakan internet.

Facebook, twitter, e-mail, blog dan sebagainya merupakan media yang sangat baik digunakan sebagai sarana komunikasi. Dalam dunia pendidikan, jejaring sosial pun bisa dimanfaatkan, misalnya utuk memberi tahu murid tentang tugas sekolah yang harus segera diselesaikan. guru menyiapkan file, kemudian diunggah lewat jejaring sosial, murid-murid diminta mengunduhnya.

Lebih bagus lagi apabila banyak guru yang memanfaatkan internet untuk membangun sebuah web pribadi semacam Blog, kemudian dimanfaatkan untuk menyimpan materi pelajaran, soal-soal latihan, dan media informasi serta komunikasi tidak saja dengan muridnya namun dengan banyak orang utamanya sesama guru dari berbagai penjuru tanah air bahkan dunia.

Dengan kegiatan yang positif tersebut, maka sedikit sekali waktu yang terbuang untuk hal-hal yang kurang penting, apalagi buka-buka situs porno, menggunakan facebook berjam-jam dan browsing hal-hal yang tidak punyai tujuan jelas.

Oleh sebab itu, marilah kita sambut dan manfaatkan kemajuan teknologi untuk memudahkan penyelesaian tugas-tugas kita sehari-hari. Kita jadikan teknologi sebagai media penyedia informasi, penghubung antar orang untuk bisa bertukar ilmu pengetahuan demi kemajuan dunia pendidikan. Jika perlu kita manfaatkan teknologi untuk menambah penghasilan. –Guswin)