RSS

SOAL UN DENGAN BARCODE? KENAPA TAKUT

25 Mar

LJK-contohUjian Nasional (UN) SMA dan SMP sudah di ambang pintu, semua pihak sudah banyak berupaya, mulai dari pemantapan latihan mengerjakan soal-soal berskala UN sampai kegiatan-kegiatan yang brsifat motivasi spiritual.

Dalam waktu bersamaan para mafia bocoran kunci jawaban UN juga tidak kalah gesit, mereka mulai pasang strategi mencari calon korban. Tidak tanggung tanggung, tarip yang mereka tawarkan berkisar Rp150.000,00 sampai dengan hampir satu jutaan tiap orang, sungguh jumlah yang menggiurkan.

Para korban mafia bocoran kunci jawaban UN umumnya anak-anak yang kurang percaya diri dan kurang informasi tentang perubahan pelaksanaan UN tahun 2013. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya sosialisasi dari berbagai pihak.

UN 2013 benar-benar diharapkan mampu menunjukkan siswa yang layak diakui prestasinya karena dengan sistem Barcode pada naskah soal dan Lembar Jawab Ujian Nasional (LJUN) akan sangat menyulitkan para peserta ujian mencocokkan kode soal dengan kunci jawaban yang mereka peroleh dari oknum yang telah tergabung dalam mafia penyedia bocoran kunci jawaban soal UN.

Setiap naskah sudah diseting mempunyai Barcode sama dengan LJUN dan sebelum peserta UN menjawab soal-soal, maka terlebih dahulu harus memeriksa jumlah halaman naskah soal, jumlah butir soal dilanjutkan dengan memisahkan LJUN dari naskah soal dengan cara menyobek LJUN tersebut. Pada tahap ini pengawas ruang harus membantu agar peserta UN tidak salah menyobek yang akan berakibat kerusakan karena tidak ada cadangan LJUN. Apabila LJUN rusak, maka harus diganti satu paket dengan naskah soal ujiannya.

Pada UN 2013 ini, peserta tidak lagi menuliskan jenis mata pelajaran yang diujikan maupun kode soal yang diterima, karena semua informasi data tersebut sudah terekam dalam Barcode. Mereka hanya perlu menuliskan nama, nomor, tanggal lahir peserta dan jawaban soal yang mereka kerjakan.  (lihat contoh LJUN dan perhatikan Barcode pada kanan atas).

Sejumlah guru dan murid masih banyak yang salah memahami tentang Barcode yang bakal dipakai pada UN 2013. Mereka mengira bahwa Barcode yang dipakai berbentuk garis-garis kecil kemudian dibawahnya tertulis sejumlah huruf dan angka seperti yang sering dijumpai pada produk-produk yang dijual pada swalayan. Barcode semacam itu masih mudah dikenal dan dibaca tanpa bantuan alat kecuali untuk kecepatan biasanya menggunakan infrared dan software tertentu.

Barcode yang dipakai pada naskah soal UN/LJUN berbentuk bujur sangkar dengan sejumlah kotak kecil-kecil di dalamnya dan tidak terdapat satu karakter/huruf sama sekali di dalamnya. Tanpa bantuan software aplikasi sangatlah sulit mengenali kode yang tertulis di dalamnya. Adakah cara mudah untuk membacanya?

Contoh Barcode

Untuk membaca Barcode (seperti gambar di samping) kita dapat membacanya dengan mudah berkat bantuan aplikasi yang terdapat pada Blackberry atau HP yang sudah terinstal program aplikasi untuk scaning Barcode.

Cobalah cari contoh Barcode seperti gambar di samping, kemudian lakukan pemindaian (scan), maka akan terbaca informasi apa yang tersembunyi di dalamnya.

Untuk soal UN dan LJUN, lakukan scaning Barcode yang terdapat pada naskah soal atau LJUN 2013 dan anda akan mengetahui kode yang dimaksud, namun mungkinkah peserta melakukan di ruang ujian ketika naskah sedang dibagikan dan seluruh peserta harus mengumpulkan semua peralatan komunikasi (HP)? Haruskah membawa Blacberry cadangan untuk keperluan tersebut? Sungguh nekad dan beresiko tinggi.

Bagaimana para korban mafia bocoran kunci jawaban UN menghadapi kenyataan ini? Apa yang harus dilakukan di sisa hari menjelang UN agar bisa lulus tanpa bergantung pada bocoran kunci jawaban UN? Ikuti beberapa saran berikut ini.

Untuk sukses UN 2013, buka kembali bank soal UN minimal tiga tahun terakhir, berlatih dan terus berlatihlah menjawab soal-soal tersebut. Bertanya kepada teman dan jika perlu belajar kelompok. Tidak ada kata terlambat untuk sukses. Percaya diri akan kemampuan masing-masing merupakan senjata sukses kalian semua.

Tutup mata dan telinga dari tawaran macam-macam dari oknum, karena para mafia bocoran kunci jawaban UN sudah mulai merancang strategi baru dengan menawarkan bocoran soal UN karena mereka sudah gagal jual kunci jawaban akibat penggunaan Barcode tadi.

Bagi yang telah terlanjur kehilangan sejumlah rupiah untuk mendapat bocoran kunci jawaban UN, relakan uang kamu hilang, jadikan pembelajaran dan bertaubatlah agar Allah mengganti uang kamu dengan prestasi UN yang membanggakan kedua orang tua kamu, guru-guru kamu dan sekolah kamu. SEMANGAAAAAAT.

Selamat belajar anak2ku, Do’a para guru dan orang tua kamu tidak akan pernah berhenti agar kalian semua sukses.

by: Guswin_Smamda Surabaya

 
Leave a comment

Posted by on 25 March 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: