RSS

ADA APA DENGAN UKG

28 Jul

Beberapa waktu belakangan ini banyak guru yang resah dan ada pula yang pasrah berkenaan dengan rencana kemendiknas akan menyelenggarakan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang didalamnya akan diuji kompetensi pedagogik sampai uji materi pelajaran sesuai yang diemban masing-masing guru pada berbagai tingkat, mulai dari TK sampai SMA/SMK.

Jika kegiatan tersebut benar-benar dilakukan pemerintah untuk pemetaan dan mencari data tentang potensi yang dimiliki guru di negeri ini, dan kemudian akan dilakukan pembinaan atau pengembangan pada waktu depan, sungguh ini merupakan program yang sangat baik.

Namun sangatlah tidak bijak jika kegiatan tersebut dilakukan untuk menunda pencairan tunjangan profesi pendidik (TPP) yang dalam kenyataan memang masih sering tertunda, terutama untuk rekan-rekan guru swasta.

Tahun anggaran 2012 saja sebagian besar guru sekolah negeri di Surabaya sudah banyak yang menerima TPP meski pencairan tidak sesuai janji (mestinya tiga bulan namun hanya dua bulan) sedangkan guru-guru sekolah swasta hanya bisa gigit jari dan menggerutu sampai satu semester ini (termasuk saya).

Sebenarnya UKG tidak perlu ditakuti, tapi perlu dihadapi. Bagi rekan-rekan yang telah menikmati TPP berkali-kali dengan nilai jutaan itu, mari tunjukkan bahwa TPP tersebut telah mampu meningkatkan profesionalisme dalam dunia pendidikan. Setidaknya rekan-rekan telah berhasil mengubah gaya mengajar yang dulu tradisional menjadi modern dengan mengikuti perkembangan dunia IT atau teknologi pendidikan. Oleh sebab itu tidak usah galau menghadali UKG.

Sungguh sangat tidak adil apabila kita telah menikmati TPP, namun dalam mengajar yang merupakan amanah itu ternyata kita tidak ada perubahan atau justru mengalami kemunduran. Sudah dapet tunjangan, ternyata laptop saja tidak bisa mengoperasikan karena tidak pernah mau belajar atau malah belum membelinya, terus dikemanakan uang TPP tersebut? untuk beli motor, TV LCD, cicil rumah, atau?…. yaaah boleh-boleh saja.

Untuk lebih jelasnya tentang UKG, simak saja kutipan berita dari dispendik ketenagaan kota surabaya berikut ini

 
Leave a comment

Posted by on 28 July 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: