RSS

IDUL ADHA

15 Nov

PWM Jatim Ajukan ke Gubernur, 16 Nopember Libur Idul Adha

suarasurabaya.net| Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur mengajukan surat kepada Gubernur Jatim supaya pada Selasa, 16 Nopember dijadikan hari libur untuk memberi kesempatan melaksanaan shalat Idul Adha.

NADJIB HAMID Sekretaris PWM Jatim waktu dikonfirmasi suarasurabaya.net, Jumat (12/11), menjelaskan, ini dilakukan setelah terjadi perbedaan penetapan Idul Adha, dimana Muhammadiyah menetapkan Idul Adha jatuh pada 16 Nopember, sedangkan pemerintah pada 17 Nopember.

Sebagai wujud toleransi untuk memberi keleluasaan umat yang melaksanakan shalat pada 16 Nopember, PWM Jatim minta SOEKARWO Gubernur Jatim memberikan kebijakan supaya tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari libur. “Ini supaya masyarakat terutama PNS (Pegawai Negeri Sipil—Red) bisa khusyuk shalat, tidak terburu-buru mau masuk kantor karena takut terlambat,” paparnya.

Namun kata NADJIB jika tidak memungkinkan dibuat hari libur, ada kebijakan jam kerja mundur 1 sampai 2 jam. Misalnya jika biasanya masuk pukul 07.00 bisa mundur pukul 08.00 atau pukul 09.00, tapi pulangnya juga mundur, sehingga lama jam kerja tetap.

“Jika kedua opsi ini tidak ada yang dikabulkan oleh gubernur, panitia shalat Idul Adha diminta memulai shalat lebih pagi, dan khutbahnya lebih singkat. Sehingga ini masih memungkinkan para PNS dan siswa sekolah negeri tetap bisa masuk dan beraktifitas seperti biasanya. Namun kami yakin Pak Gubenur Jatim sangat memperhatikan aspirasi warganya. Mudah-mudahan dari usulan opsi yang kami ajukan bisa dikabulkan,” ungkap NADJIB.

Dijelaskan NADJIB, Idul Adha yang ditetapkan Muhammadiyah jatuh 16 Nopember ini juga ada dasar hukumnya dan ini bersamaan Idul Adha yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi.

Berdasar maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Nomor 05/MLM/I.0/E/2010 dijelaskan bahwa 1 Dzulhijjah 1431 Hijriyah jatuh pada hari Ahad (Minggu), 7 Nopember 2010. Karena pada saat ijtimak 29 Dzulqo’dah jatuh pada hari Sabtu 6 Nopember pukul 11:53:04 WIB dengan tinggi hilal (bulan) pada saat matahari terbenam di Yogyakarta 01 derajat 34 menit 23 detik.

Ditambahkan NADJIB, PWM Jatim akan menggunakan beberapa tempat di Surabaya untuk shalat Idul Adha pada 16 Nopember 2010, diantaranya Tugu Pahlawan dengan khatib DIN SYAMSUDDIN Ketua Umum PP Muhammadiyah, dan Stadion 10 Nopember Tambaksari dengan khatib SULTHON AMIEN Koordinator Bidang Pengembangan Usaha dan Keuangan PWM Jatim.(ipg)

Teks Foto:
– Shalat Idul Adha yang dilakukan tahun lalu di tempat terbuka di Surabaya.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

 

 
Leave a comment

Posted by on 15 November 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: