KUMPULAN SOAL AKURAT UNTUK UNAS


Menjelang pelaksanaan Unas banyak orang tua dan siswa yang berburu buku kumpulan soal di toko buku yang diproduksi oleh banyak penerbit. dalam pengamatan saya, tidak sedikit penerbit yang menjual buku kumpulan soal dan pembahasannya masih mengacu pada kurikulum lama. Selain itu pembahasan soal juga sering tidak pas, dan bertele tele.

Keputusan masyarakat untuk membeli buku kumpulan soal didasari oleh keinginan menambah koleksi soal agar pada saat Ujian Nasional mereka sudah siap secara materi. Selain itu biasanya mereka memilih membeli kumpulan soal karena sekolah tidak mempunyai dokumen yang cukup untuk  bekal Unas murid-muridnya.

Membeli kumpulan soal tidaklah salah, namun efektifitas penggunaannya perlu dipertanyakan. Apakah anak-anak mau dan mampu mengkaji soal dan pembahasannya? Apa solusi yang baik untuk memahami materi Unas tanpa beli buku kumpulan soal? Gunakan saja media belajar interaktif  berbasis teknologi komputer.

Media yang umum digunakan untuk mendesain soal-soal interaktif adalah Flash dan Power Point. Namun yang mampu mendesain media tersebut juga masih sedikit dan umumnya didominasi perusahaan software yang jarang melibatkan sekolah atau guru yang benar-benar kompeten di bidangnya.

Dari kedua software tersebut yang paling mudah untuk dikelola dan dikembangkan adalah Power Point. Hampir setiap komputer selalu memiliki program tersebut, meski tidak semua pemilik komputer mahir menggunakan program yang sangat interaktif untuk desain soal menarik.

Dua tahun terakhir ini saya mencoba mengaplikasi Power Point untuk mendesain program pembelajaran interaktif misalnya membuat soal pilihan ganda, menjodohkan, soal dengan jawaban singkat, game interaktif dan hampir semua desain tersebut saya buat dalam bentuk template siap pakai yang dapat digunakan oleh banyak orang, tidak perlu mahir komputer yang penting bisa mengoperasikan komputer.

Template yang saya desain sudah digunakan oleh beberapa guru IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dan mereka berkomentar, cukup menarik dan mudah digunakan. Selain itu juga sudah dikenal beberapa sekolah karena saya diundang sebagai nara sumber desain media belajar berbasis IT.

Ke depan, saya berharap banyak yang mengembangkan media interaktif sejenis, sehingga konsumsi buku cetak di kota besar berkurang karena belajar dengan multi media lebih menarik dibanding harus membaca buku. Hasil pengamatan di tempat saya mengajar, murid lebih bergairah belajar dengan media interaktif dibanding dengan cara konvensial yang cenderung membuat mereka jenuh dan ngantuk karena kurang terlibat dalam proses pembelajaran.

Bagi siapa saya yang menginingkan contoh media interaktif desain saya, silahkan mengubungi saya melalui email di: guswinsmamda@gmail.com atau ke guswin_bean@yahoo.com. Saya tunggu komentar saudara.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s